5 Cara Menambah Pendapatan Di Tengah Pandemi Covid

Disampaikan juga, kendala terbesar para pelaku industri rumahan, umumnya terkait permodalan, pemasaran produk, kualitas Sumber Daya Manusia dan pemanfaatan teknologi. Karena itu, diharapkan, melalui pelatihan ini para pelaku industri rumahan dapat memahami cara pengelolaan manajemen keuangan dan akses permodalan dari perbankan, dengan memanfaatkan program-program pemerintah, salah satunya dengan memanfaatkan program melalui Kredit Usaha Rakyat . Yang paling penting, lanjut Bere Ali, masyarakat harus direhabilitasi mentalnya guna mengubah pola pikir dan membentuk jiwa agar mau berubah menjadi lebih baik, tidak pasrah dengan keadaan. Khususnya para ibu rumah tangga, sambil menjaga anak dan menunggu kepala keluarga pulang kerja mereka bisa membuat sesuatu yang bisa menghasilkan, seperti membuat kerajinan tangan, souvenir maupun membuat kue yang bisa di jual di warung-warung. Kecemasan yang paling utama yaitu kecemasan akan terpapar virus corona sebesar 77,7% dan kecemasan akan kondisi ekonomi sebesar 57,7%. Meski demikian, dalam surveynya Euis Sunarti menemukan bahwa sebagian besar keluarga yakin akan kemampuannya untuk bangkit dari segala disrupsi akibat Covid-19.

Melalui kegiatan ini diharapkan peningkatan usaha ekonomi keluarga melalui kelompok dapat tercapai, sehingga dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan keluarga. Kegiatan UP2K PKK telah dapat dirasakan oleh keluarga dan masyarakat didaerah. Produksi yang dihasilkan telah mampu merubah tingkat ekonomi keluarga, sehingga melalui kegiatan UP2K meningkatkan pendapatan keluarga yang memenuhikebutuhan hidup yang berkecukupan. Slot Gacor Keluarga adalah unit terkecil dalam masayarakat yang terdiri dari suami istri atau suami dan anaknya, atau ayah dan anaknya. Usaha ekonomi merupakan strategi laternatif pemberdayaan untuk meningkatkan pendapatan keluarga, oleh karena itu pendekatan berbasis social kemasyarakatan, tidak hanya meningkatkan pendapatan, tetapi juga mencakup pengembangan kemapuan dan keahlian warga desa/kader dan anggota rumah tangga.

Oleh karena itu, sekali lagi Mensos Risma minta masyarakat benar-benar mematuhi protokol kesehatan 5M, yaitu memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas untuk memutus penularan covid-19 dan pandemi cepat berakhir. “Meskipun itu bukan persoalan mudah karena keterbatasan anggaran dialami semua instansi. Mau meningkatkan pendapatan dari pajak juga tidak bisa,” katanya. Selain kemampuan pemerintah menyalurkan bantuan ada batasnya, fasilitas kesehatan dan tenaga medis pun terbatas. Bantuan diberikan kepada masyarakat kelompok marjinal yang terdampak pandemi.

Diapun berharap, TP PKK kabupaten dapat bekerjasama dengan TP PKK provinsi sumatera utara maupun dengan organisasi-organisasi perempuan yang ada serta dengan gugus tugas Covid-19 didaerah masing-masing untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 melalui program gerakan bersama pakai masker. Pemerintah Daerah Kabupaten Labuhanbatu Selatan menaruh harapan peningkatan jalinan kerjasama antara seluruh instansi baik TNI/Polri/sipil di kabupaten Labuhanbatu Selatan. Beliau berterimakasih kepada seluruh official yang telah bekerja keras atas upaya upaya yang dilakukan dan berharap kedepan kegiatan serupa dapat dilaksanakan untuk mengharumkan nama baik daerah Kabupaten Labuhanbatu Selatan. “Tenaga kesehatan terbatas, alat kesehatan termasuk obat-obatan juga tidak mencukupi, kapasitas rumah sakit terbatas, dan sebagainya. Nah, itu yang harus dipikirkan,” kata Mensos Risma, tegas. “Kalau kita tidak mematuhi protokol kesehatan, maka virus ini akan terus bermutasi. Kita tidak selesai-selesai. Kita tidak bisa menggerakkan ekonomi,” kata Mensos.

Bagaimana cara untuk membangkitkan ekonomi keluarga

Sementara pada sisi penguatan jaring pengaman sosial, perlu penataan pemberian bantuan pada warga masyarakat yang benar-benar menderita akibat stagnasi ekonomi selama pandemi. Namun tentu realitas ekonomi dunia juga tidak terlalu optimis sehingga perlu meningkatkan kepercayaan pada produk dalam negeri untuk menekan impor barang dan jasa dari negara lain. Diseminasi informasi yang dilakukan oleh pemerintah hendaknya tidak lagi diintrodusir dengan perbandingan year on 12 months, dengan an sich membangkitkan optimisme seluruh sektor dalam pemulihan ekonomi nasional. Sebab informasi mengenai pertumbuhan ekonomi yang diukur dengan perbandingan yr on 12 months pasti memiliki nilai negatif, mengingat situasi dan kondisi di tahun 2019 dan 2020 sangat berbeda baik dalam skala lokal maupun world. Dalam kondisi regular tanpa pandemi, di saat situasi perekonomian tengah lesu, pemerintah memiliki pilihan kebijakan untuk dapat mempengaruhi dan mengungkit perekonomian nasional.

Dalam kajian mengenai dampak dari pandemi CoViD-19, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan menyangkut dampak jangka pendek, menengah, dan panjang. Dampak jangka pendek terjadi pada realokasi dana APBN 2020 yang diusulkan pemerintah dan disetujui oleh DPR untuk keperluan kedaruratan menyebabkan komplikasi tersendiri terhadap diskresi administrasi pengambilan keputusan di tingkat operasional dan akuntabilitas. Melemahnya ekonomi karena kondisi berkepanjangan dan ketidakpastian berakhirnya pandemi tentu akan menciptakan kelesuan ekonomi dan bisnis. Stimulus fiskal bisa diberikan pada wirausaha berbasis daring yang sudah semakin banyak dikenal masyarakat selama masa PSBB. Kuadran konsolidasi dan restrukturisasi merupakan kondisi pesimistis tetapi dalam kurun waktu yang relatif singkat. Peluang untuk pemerintahan mengkonsolidasikan diri dan merestrukturisasi fiskal dan moneter negara masih dimungkinkan walau terjadi penurunan tingkat kredibilitas pemerintah yang dianggap kurang siap menghadapi bencana nasional akibat pandemi.

Pendidikan merupakan jalan menuju kemajuan untuk mencapaian kesejahteraan sosial dan mewujudkan perekonomi negara stabil, sedangkan kegagalan membangun pendidikan akan melahirkan berbagai macam downside. Kita dapat berkaca kepada negara-negara maju yang lebih memprioritaskan pendidikan untuk menunjang sumber daya manusia yang berkualitas. Mengingat dalam memasuki dunia kerja generasi penerus bangsa dihadapkan dengan tantangan yang kian besar sehingga harus diimbangin dengan talent serta pendidikan yang mumpuni.

Selain itu, juga perlu diberi kesempatan untuk menerapkan hasil pelatihan di lapangan untuk mempraktekkan teori melalui pengembangan kemitraan rintisan. Jenis-jenis usaha tertentu, terutama jenis usaha tradisional yang merupakan usaha golongan ekonomi lemah, harus mendapatkan perlindungan dari pemerintah, baik itu melalui undang-undang maupun peraturan pemerintah yang bermuara kepada saling menguntungkan (win-win solution). Terbatasnya akses pasar akan menyebabkan produk yang dihasilkan tidak dapat dipasarkan secara kompetitif baik di pasar nasional maupun internasional.

Kelompok kedua, dengan usaha membuat penyesuaian dalam pendapatan masyarakat yang dibandingkan dengan melihat pertimbangan perbedaan tingkat harga disetiap Negara. Sumber daya alam, yang meliputi tanah dan kekayaan alam seperti kesuburan tanah, keadaan iklim/cuaca, hasil hutan, tambang, dan hasil laut, sangat memengaruhi pertumbuhan industri suatu negara, terutama dalam hal penyediaan bahan baku produksi. Sementara itu, keahlian dan kewirausahaan dibutuhkan untuk mengolah bahan mentah dari alam, menjadi sesuatu yang memiliki nilai lebih tinggi . “Program pemberdayakan dan kesejahteraan keluarga dengan 10 program pokok PKK dilaksanakan dengan maksud agar setiap keluarga memiliki tata kehidupan dan penghidupan yang berkecukupan serta memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk memenuhi kebutuhan hidup”katanya. “Program kewirausahaan sosial adalah upaya pemberdayaan sosial bagi keluarga miskin yang mengkombinasikan kegiatan bisnis dan sosial. Adapun strategi pemberdayaannya kita lakukan pendekatan bisnis untuk mencegah dan mengatasi risiko sosial atau masalah sosial,” tuturnya. “Kewirausahaan Sosial tidak hanya meningkatkan profit semata tetapi juga membawa misi sosial yang dapat memiliki dampak yang signifikan bagi masyarakat di sekiatrnya”, jelasnya lebih lanjut.

Comments are Disabled