Alat Canggih Genose Ugm Bisa Deteksi Cepat Covid

Dengan alat yang lebih akurat, efisien, dan hasil yang keluar lebih cepat, tim medis dan masyarakat tentu semakin dimudahkan. Seperti dikutip dari situs resmi UGM, GeNose adalah alat yang dirancang untuk mendeteksi serta mendiagnosis apakah seseorang terinfeksi coronavirus atau tidak. Onkologi adalah bidang ilmu kesehatan khusus penanganan kanker, mulai dari pemeriksaan kanker sampai perawatan paliatif. Keahlian utama dari seorang dokter spesialis kanker adalah pengobatan kanker dengan terapi yang menggunakan obat-obatan atau terapi sistemik. Berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah untuk menghentikan Pandemi Covid 19. Dikatakan Amien, penelitian ini telah berlangsung sejak 2019 lalu dan terus dikembangkan hingga sekarang.

Alat yang dikembangkan peneliti asal Jepang ini memberikan harapan baru bagi pendeteksian infeksi corona sedini mungkin. Namun untuk melakukan tes menyeluruh dengan tingkat akurasi yang tinggi, butuh waktu sekitar forty menit. Kabarnya satu alat tes itu dapat menjalankan seven hundred tes berbeda setiap harinya. Usai menjalani uji klinis di Nagasaki, alat ini rencananya akan didistribusikan ke rumah sakit dan lembaga kesehatan di seluruh Jepang. Alat deteksi corona hasil pengembangan para peneliti UGM ini memiliki kemampuan mendeteksi virus corona baru dalam tubuh manusia dalam waktu cepat. Nantinya dengan GeNose, tak lebih dari dua menit hasil tes sudah dapat diketahui positif Covid-19 atau tidak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Peneliti yang juga Dosen Teknik Biomedika Institut Teknologi Bandung Isa Anshori mengatakan saat ini sedang dikembangkan alat tes cepat micro-chip untuk mendeteksi Covid-19. Ia mengatakan alat buatan Indonesia Situs Slot Judi Online Resmi di Indonesia ini akan mampu mendeteksi Covid-19 dalam waktu kurang dari satu jam. Mahasiswa yang akrab disapa Rizki ini melanjutkan, pihaknya memang mencari metode tes terbaik untuk menghindari kemungkinan buruk, misal munculnya klaster covid baru.

Sementara, perjalanan dengan menggunakan transportasi lain seperti transportasi darat dan pesawat masih sama, yaitu menggunakan RT-PCR maksimal 3×24 jam atau speedy antigen 2×24 jam sebelum keberangkatan. Kuwat Triyana mengatakan biaya tes deteksi Covid-19 menggunakan GeNose C19 cukup murah, yakni sekitar Rp ribu. Menurutnya, alat ini akan membantu bagi para penunggu pasien yang harus melakukan screening terlebih dahulu. Ketua Yarsis, Prof Dr Ir Mohammad Nuh DEA dalam sambutannya mengatakan, alat tersebut tidak menggantikan tes PCR tapi sebagai screening atau deteksi awal.

Alat baru untuk deteksi covid

Untuk fimosis primer, biasanya anak diberikan pengobatan lini pertama berupa penggunaan obat salep. Untuk indikator positif atau negatif, dapat dilihat dari perubahan warna pada sampel dengan kasat mata. Apabila berubah menjadi keruh, maka sampel tersebut positif terpapar virus korona. Dengan metode RT-LAMP, maka sampel hanya akan diberi suhu konstan yaitu 60 0C selama 30 sampai 60 menit.

Comments are Disabled