Genose Mulai Digunakan Di Stasiun, Warga

Termasuk ke BNPB yang dapat mendekati tempat-tempat dengan suspect Covid-19. “Untuk dapat melakukan pemeriksaan GeNose C19 di stasiun, calon penumpang harus memiliki tiket atau kode reserving KA jarak jauh yang sudah lunas. Serta tidak boleh merokok, makan, minum selama 30 menit sebelum melaksanakan tes,” terang Luqman.

Hasil yang didapat lebih cepat dan murah dibandingkan dengan melakukan test speedy antigen. Jika melakukan test fast antigen hasilnya bisa keluar dalam waktu 2-3 jam, berbeda dengan check GeNose hasilnya bisa keluar dalam waktu kurang lebih 5 menit. Untuk tahap awal, telah datang three unit alat tes GeNose C-19 beserta 10 ribu kantong tiup dan 100 filter. Sehingga tiga unit GeNose C-19 dapat memeriksa 90 penumpang per jam. “Angka a hundred and twenty tes per alat itu dari estimasi bahwa setiap tes membutuhkan three menit termasuk pengambilan nafas sehingga satu jam dapat bisa tes 20 orang dan bila efektif alat bekerja selama 6 jam,” imbuh Kuwat. Menurutnya, pemeriksaan dengan menggunakan alat GeNose ini lebih hemat baik dari segi waktu juga biaya.

Sebagaimana Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor 20 Tahun 2021, calon penumpang kereta api jarak jauh diwajibkan menunjukkan surat keterangan negatif hasil tes GeNose C19 atau tesrapidantigen atau tes RT-PCR. Kuswardoyo mengatakan, surat keterangan negatif mesti dari tes yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 3 Game Slot Online kali 24 jam sebelum waktu keberangkatan kereta. Pemeriksaan menggunakan alat GeNose khusus untuk layanan kereta api jarak jauh.

Genose murah

Patuhi Protokol Kesehatan saat naik kereta api dengan memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan. Dharmawangsa Ekspres Jakarta Surabaya pp melayani kelas ekonomi AC 106 tempat duduk dan Kelas Eksekutif. Fasilitas kereta ekonomi dan eksekutif Dharmawangsa Ekspres sama dengan KA kereta api lainnya, bantal, selimut tanpa ada fasilitas makan dan minum free of charge. “Saya ingin memastikan bahwa penerbangan bisa murah untuk masyarakat. Dengan begitu, saya yakin industri penerbangan kita pulih dan sektor pariwisata bisa bangkit paska pandemi,” tutur Andre.

Khusus untuk keberangkatan selama libur panjang atau libur keagamaan, sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 1×24 jam sebelum jam keberangkatan. Sedangkan bagi calon penumpang yang berusia lima tahun keatas wajib untuk melampirkan berkas pemeriksaan Covid 19 sebagai syarat melakukan perjalanan. Khusus untuk speedy test antigen di Bali, bisa berlaku selama 14 hari asalkan ada validasi dari KKP,” tandas warga lainnya yang kecewa. JAKARTA, solotrust.com – Vice President Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, tes Covid-19 menggunakan alat GeNose bikinan Universitas Gajah Mada dipastikan lebih murah dari speedy test antigen. Budi Karya mengatakan, pemeriksaan GeNose C19 ini akan menambah opsi bagi masyarakat untuk melakukan pengecekan kesehatan selain tes rapid antigen dan PCR.

Indonesia kini punya alat tes Corona baru yang lebih murah dari fast dan swab take a look at. Tes menggunakan alat ini bahkan hanya perlu biaya Rp ribu untuk operator, energi, dan plastik khusus sebagai media pengecekan napas. Menurut @Htanuw, syarat perjalanan menggunakan GeNose lebih honest karena on the spot sebelum keberangkatan. Sementara alat tes yang lain harus hasil tes negatif dan pelaksanaan tesnya bukan sewaktu keberangkatan.

Oleh karena itu, mendiagnosis penyakit COVID-19 sebenarnya tidak cukup mengandalkan tes GeNose C19. Sampai saat ini, hasil tes PCR dan pemeriksaan dari dokterlah yang masih menjadi standar untuk mendiagnosa COVID-19, sementara pemeriksaan lainnya hanya digunakan untuk skrining. Menurut calon penumpang KA ke Jawa Tengah ini, memeriksakan Covid-19 menggunakan Swab PCR dan Antigen sangat mengganggu dirinya ketimbang dengan GeNose.

Pihaknya berharap, dengan adanya GeNose ini dapat membantu dan meringankan beban biaya yang dikeluarkan oleh para penumpang intra Papua saat bepergian. Tidak saja keluar tetapi secara khusus lintas kabupaten di wilayah Papua. “Tes GeNose khusus melayani penumpang yang sudah mempunyai tiket,” kata Riyaman kemarin.

Comments are Disabled