Grand Grasp Wanita Termuda Ikuti Lomba Catur Onilneobsession Information

Perlu diketahui FIDE mengeluarkan dua kategori gelar catur yaitu gelar umum dan gelar khusus wanita. Biasanya gelar khusus wanita masih di bawah gelar umum dengan ELO lebih rendah 200 poin. Namun tidak menutup kemungkinan bagi pecatur wanita yang telah memiliki gelar khusus wanita untuk meraih dua gelar catur dengan mengejar gelar umum.

Pertama, di kelompok putra Medina bisa mendapat pengalaman bertanding di beragam perhelatan tingkat dunia. Tempo permainan lebih cepat begitu kedua pemain telah memasuki menit kedua. Sampai akhirnya, Dewa Kipas kembali melakukan blunder, yang dimanfaatkan Irene dengan menyusupkan pion menteri, lalu mendesak bidak raja Dewa Kipas.

Kegemilangannya dalam memainkan bidak catur membuat dirinya dipanggil PERSACI ke timnas catur Indonesia. Wanita penggemar cerita wayang dan pelajaran sejarah ini mulai berlatih di Sekolah Catur Utut Adianto, Bekasi, sejak 1999. Irene lalu tumbuh menjadi pecatur putri yang patut diperhitungkan sejak mulai bersekolah catur. Maklum, karena pecatur yang akan menginjak usia 29 tahun itu selalu berlatih serius dari Senin-Jumat selama tiga hingga empat jam. Hal ini disebabkan dugaan kecurangan yang dilakukan Dewa Kipas saat bermain di aplikasi chess.com.

Kompetisi ini diperkirakan memakan waktu sekitar 10 jam dan akan dipilih 9 pecatur terbaik untuk babak selanjutnya. Sebagai informasi, laga Blitz Battle pada pertandingan Irene dan GothamChess merupakan versi permainan catur kilat yang berasal dari India. Ada dua tahap yang akan dilalui peserta, yaitu pertandingan on-line yang dilaksanakan pada 28 Maret 2015. Sedangkantahapan Grand Final untuk 10 finalis terbaik akan dilaksanakan secara offline pada 30 Maret 2015 di Jakarta. Dilihat dari platform streaming on-line Twitch dan YouTube, duel catur online Irene dengan GothamChess alias Levy Rozman disaksikan lebih dari 53 ribu netizen.

Woman Grand Master chess

Menariknya, GM untuk gelar umum diresmikan pertama kali berbarengan dengan IM yaitu pada tahun 1950, namun untuk WGM, pertama kali diresmikan oleh FIDE baru tahun 1976. Dari 1.655 pecatur dunia, di Indonesia sendiri ada Susanto Megaranto, Utut Adianto yang sudah menyandang gelar GM. Lalu, Irene Sukandar yang merupakan lawan dari Dadang Subur di pertandingan persahabatan Senin lalu (22/03) adalah WGM pertama di Indonesia. Baik IM maupun WIM berada setingkat di atas FM & WFM namun masih di bawah Grandmaster. GothamChess atau Levy Rozman sudah meraih gelar IM sejak 2018, dan salah satu pecatur dari 116 wanita yang kini memiliki gelar WIM adalah Chelsie Monica dari Indonesia. Selain harus memiliki ELO 2400 ke atas, untuk meraih gelar ini diperlukan norma atau memenangkan sejumlah turnamen resmi dari FIDE yang melibatkan para pecatur yang sudah menyabet gelar IM.

Grand final ini mempertemukan sembilan finalis sebagai peserta terbaik dari babak on-line yang berlangsung pada Sabtu, 28 Maret 2015 lalu, dengan peserta 670 orang. Dari sembilan finalis tersebut bertanding secara langsung dengan Medina Warda Aulia. “Alhamdulilah untuk atlet catur asal Kabupaten Cilacap sejauh ini progresnya cukup baik. Kita tau Zendy diusia mudanya mampu menyumbangkan berbagai piala maupun medali kejuaraan baik skala Nasional maupun International,” ungkapnya. Dadang sebelumnya tidak terima pernyataan Irene Kharisma Sukandar tentang dirinya yang mencoreng para pemain catur Indonesia di kancah internasional. Peserta yang dapat mengikuti kompetisi ini adalah pelanggan prabayar dan pascabayar Indosat di seluruh Indonesia dengan usia maksimal 22 tahun.

Kondisi ini jelas berdampak pada permainannya saat gelaran JAPFA Grandmaster and Women Grandmaster Tournament yang diadakan di Solo Paragon Hotel. Catur adalah olahraga yang tergolong dalam kegiatan yang melatih otak. Dalam permainan catur, otak adalah pemegang peran paling penting daripada anggota tubuh lainnya. Otak akan membutuhkan energi yang tak sedikit ketika sedang bermain catur.

JAKARTA – Woman Grand Master Irene Sukandar bertanding catur dengan International Master Levy Rozman alias GothamChess. Sementara itu, pada babak ketiga, pertandingan tak kalah menarik karena sampai terjadinya pertukaran pion. Namun, akhirnya Irene Sukandar berhasil menang setelah mengancam ratu Dewa Kipas di D6 saat memindahkan ratunya ke E5. Dewa Kipas mampu memberikan perlawanan, namun harus menyerah dalam pertandingan yang menyisakan waktu dua menit. Dwitarung bertajuk Blitz Battle tersebut bakal digelar secara streaming di twitch.television/irenesukandar dan twitch.television/GothamChess.

Corporate Affairs Director JAPFA, Rahmat Indrajaya menambahkan, sejak tahun 2000 pihaknya terus berkomitmen untuk memajukan percaturan Indonesia. Ia berharap, dengan turnamen ini, atlet catur Indonesia bisa menaikkan degree bertandingnya. Selain untuk menemukan bibit pecatur, turnamen tersebut juga untuk melatih para atlet menjadi seorang Grand Master di masa depan.

Melihat kisruh yang berkembang, akhirnya Deddy Corbuzierpun memfasilitas kedua pihak untuk berperang di atas papan catur di studio Podcastnya di Jakarta sore ini. Warganet pun ikut bereaksi dan membela Dewa Kipas di akun milik Gothamchess maupun chess.com. Kisruh ini rupanya menarik perhatian dari GM Irene, ia melayangkan surat terbuka kepada Deddy Corbuzier. JAPFA melalui departemen social funding melalui occasion JAPFA Grand Master & Woman Grand Master Tournamen ini mempertemukan pecatur Indonesia dengan pecatur unggulan dari benua Asia dan Eropa.