Ideas Primary Catur Di Bulan Ramadan Ala Wgm Medina Warda Aulia

GM Irene Kharisma Sukandar tampil mendominasi pada babak pertama pertandingan catur melawan Dewa Kipas. Dengan menggunakan bidak putih, pasukan Irene langsung menerobos pertahanan Dewa Kipas. Dalam duel yang disiarkan langsung dalam Podcast Deddy Corbuzier Senin (22/three/2021), peraih gelar Women Grandmaster pada Desember 2008 lalu itu, GM Irene membuat Dewa Kipas menyerah dengan skor three-0. Grand Master Woman Irene Kharisma Sukandar akhirnya berhasil memenangkan duel dari pecatur Dadang Subur, alias Dewa Kipas. Utut menyebutkan ada dua pecatur Tanah Air yang sudah tiga kali menyandang norma GM tapi belum mencapai elo score yang dipersyaratkan untuk menyandang gelar GM.

Pihak Indosat sendiri telah menyiapkan sejumlah besar hadiah bagi para peserta kompetisi ini, dengan nilai mencapai ratusan juta rupiah. Untuk informasi lebih lanjut mengenai kompetisi ini, calon peserta dipersilakan mengunjungi alamat website /jagocatur. “Prediksi pertandingan sebagai sesama pecatur profesional, saya mengunggulkan Irene,” ucap Anjas dikutip dari Kumparan hari Minggu 21 Maret 2021. “Turnamen ini sudah memperoleh tempat tersendiri di percaturan dunia karena kualitas pesertanya,” tutup Utut. Sebelum pertandingan, Kepala Bidang Pembinan dan Peningkatan Prestasi Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia Kristianus Liem menilai keduanya memiliki peluang yang sama untuk memenangkan pertandingan.

BANDUNG, TELISIK.ID – Pertandingan catur antara Dadang Subur alias Dewa Kipas melawan Grand Master Irene Kharisma Sukandar akan digelar sore ini, Senin (22/three/2021) pukul 15.00 WIB. Tuan rumah Filipina tinggal melakukan pendekatan dengan negara Timor Leste, meski federasi caturnya sudah menyatakan siap. Namun yang bisa memberikan izin adalah wakil dari pemerintahnya yaitu NOC Timor Leste dalam meyakinkan catur bisa dipertandingkan lagi di SEA Games nantinya. Menrutnya dipilihnya pecatur Filipina menghadapi Medina karena prestasinya cukup andal.

Susunan catur yang umum diketahui, termasuk pada 960 variasi susunan acak tersebut. Catur yang dimainkan Irene dan Rozman memakai skema yang tidak biasa. Keduanya berduel dengan variasi catur acak atau Fischer Random, yang juga dikenal dengan istilah Chess960.

Peserta yang dapat mengikuti kompetisi ini adalah pelanggan prabayar dan paskabayar Indosat di seluruh Indonesia dengan usia maksimal 22 tahun. Ada dua tahap yang akan dilalui peserta, yaitu pertandingan on-line yang dilaksanakan pada 28 Maret 2015 dan tahapan Grand Final untuk 10 finalis terbaik yang akan dilaksanakan secara offline pada tanggal 30 Maret 2015 di Jakarta. “Saya sangat gembira dan berterimakasih mendapat kesempatan untuk terlibat dalam kompetisi ini. Sebelumnya duel di atas papan catur ini, bermula akibat kekisruhan yang muncul setelah Dewa Kipas dilaporkan curang dalam pertandingan catur digital di chess.com, melawan pecatur internasional Levy Rozman .

Untuk bisa mewujudkan targetnya, Medina mengaku sudah mempelajari permainan calon lawannya. Medina selama ini juga belum pernah berhadapan dengan Tacia Gara pecatur berusia 30 tahun peringkat enam Hungaria dengan ranking 2340. Tacia juga tercatat sudah dua kali menjadi juara nasional Hungaria masing-masing di tahun 2006 dan 2007. Medina, pecatur muda Indonesia yang baru berusia 17 tahun itu akan menjajal kemampuan WGM Ticia Gara dari Hungaria. Dia menjadi orang Indonesia pertama yang meraih gelar Grand Master Internasional Wanita , mulai Desember 2008.

Woman Grand Master chess

Awalnya, jumlah peserta melebihi 670, namun sayangnya harus dibatasi karena Indosat sendiri hanya menargetkan 670 peserta yang mengikuti kompetisi tersebut. Dikatakannya keberhasilan ini merupakan suatu bukti bahwa Indonesia memiliki potensi yang begitu besar di bidang olahraga. Diharapkannya keberhasilan pecatur Indonesia ini dapat semakin mendorong semangat dan optimisme berbagai pihak untuk mendukung atlit Indonesia.