Inggris Kembangkan Tes Air Liur, Bisa Deteksi Covid

Dengan menggunakan pendeteksi saliva check selain proses mudah dan hasil pengetesan pun lebih cepat selesai, sehingga pendeteksi Covid-19 dari air liur ini lebih nyaman dilakukan daripada metode memasukkan tangkai panjang yang terbalut kapas ke dalam hidung. Dalamsebuah studi, 12 pasien terkonfirmasi positif COVID-19 berdasarkan tes PCR Daftar Slot Terpercaya dites ulang menggunakan metode uji saliva dengan sampel air liur yang keluar dari batuk. Sebaliknya, pasien yang dinyatakan negatif dari tes PCR seluruhnya pun dinyatakan negatif lewat tes saliva tersebut. Perusahaan Vatic mengatakan tes KnowNow-nya yang mengambil sampel air liur untuk deteksi virus corona Covid-19 ini akan lebih nyaman bagi pengguna.

Alat deteksi Covid dari air liur

Karena menggunakan sampel saliva, menurut Sie Djohan, alat tes ini akan relatif lebih nyaman digunakan dengan peralatan yang cenderung sederhana. Pengambilan sampelnya pun mudah dan bisa dilakukan sendiri, yakni dengan menaruh air liur di tabung yang telah disediakan. Inggris baru-baru ini memberikan sebuah kabar gembira mengenai virus covid-19. Mereka mengatakan bahwa Inggris sudah menemukan sebuah alat tes air liur yang bisa membantu pekerja kesehatan untuk mendeteksi virus covid-19 kurang dari 15 menit! Menurut mereka alat ini bisa mulai disebarluaskan sebelum natal tahun 2020.

Selain itu, tes saliva ini bisa dilakukan dari rumah secara mandiri tanpa perlu ke rumah sakit. Saat ini, tes dengan peran terpenting dalam mendeteksi adanya SARS-CoV-2 dalam tubuh manusia ialahreverse transcription polymerase chain reaction(RT-PCR)testatau yang lebih dikenal dengan istilahswab take a look at. Sampel yang digunakan dalamswab testdapat diperoleh dari saluran pernapasan bagian atas dengan mengusap nasofaring dan orofaring.

Pengambilan sampel berbeda dengan PCR yang harus menggunakan alat khusus kemudian dimasukkan ke dalam hidung atau mulut. Tes COVID-19 berbasis saliva ini, kata Djohan juga sudah mendapat izin edar dari Kementerian Kesehatan dan sudah bisa digunakan per hari ini, Jumat, 19 Maret. Kami dapat membantu Anda dalam memenuhi kebutuhan dan beli obat untuk penyakit kronis dengan mudah.

Ia menjelaskan, pengetesan spesimen dengan metode saliva tidak memakan waktu lama. Pasalnya, tes ini tak memerlukan ekstraksi atau pemurnian RNA virus, seperti yang selama ini dilakukan dengan metode swab. Karena reagen untuk tes harganya kurang dari $ 5, para peneliti Yale memperkirakan laboratorium harus mengenakan biaya sekitar $ 10 per sampel, meskipun itu masih harus dilihat. Metode pengujian tersedia segera, tetapi para peneliti menambahkan itu dapat ditingkatkan dengan cepat untuk digunakan dalam beberapa minggu mendatang.

Meski begitu, para ahli juga memperingatkan tes ini kemungkinan akan kurang akurat daripada tes PCR berbasis laboratorium karena speedy take a look at mencari antibodi, bukan virus itu sendiri. Salah satu cara yang dilakukan pemerintah adalah melakukan tes untuk mengetahui apakah masyarakat tertular atau tidak terhadap penyakit ini. PT Kalbe Farma Tbk, salah satu produsen sekaligus distributor obat nasional ini memperkenalkan alat deteksi Covid-19 melalui air liur. Melalui alat ini, seorang dapat terdeteksi apakah tertular atau tidak dalam waktu singkat dengan tingkat keakuratan yang tinggi hingga ninety four persen. Direktur PT Kalbe Farma TBK Sie Djohan mengklaim hasil tes Covid-19 dengan sampel air liur ini akurat. Tes juga bisa dilakukan dengan mudah di laboratorium atau klinik pada umumnya karena peralatan yang dibutuhkan relatif sederhana.

Comments are Disabled