Kalbe Luncurkan Tes Covid

Untuk analisisnya dapat menggunakan alat utama sebagai reaksi RT LAMP adalah waterbath . Penggunaan alat ini cukup nyaman karena tidak memerlukan alat lain untuk pengambilan sampel dari saluran pernapasan. Liputan6.com, Daftar Slot Terpercaya Jakarta – Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN) mendukung PT Kalbe Farma Tbk untuk meluncurkan tes diagnostik Covid-19 karya anak bangsa dengan menggunakan sampel air liur .

Alat deteksi Covid dari air liur

Setelah itu, sampel pasien diekstrak dan dicampur dengan zat pereaksi atau dikenal dengan reagen. Dan prinsip kerja di fasilitas molekuler untuk menganalisis sampel air liur ini. Selain itu, studi dari Yale School of Public Health pun menyatakan kadar virus Covid-19 pada air liur, sebanding dengan swab hidung atau mulut. Disampaikan pula bahwa spesimen Saliva dari 20 individu positif Covid-19 bisa disimpan di suhu ruang hingga 5 hari. Akte menjelaskan pihaknya melakukan penelitian tes dengan air liur ini mulai pertengahan 2020.

Ia menuturkan, bila nantinya warga Indonesia tinggal memberikan air liur atau saliva sebagai sampel deteksi Covid-19. Selain dari Swiss, kata Erick, pemerintah Indonesia juga telah menerima sumbangan alat tes virus corona dari pemerintah Singapura. MelansirHealthline, Dr Seema Kumar, Direktur Medis di Mytonomy, mengatakan, tes ini baik digunakan oleh mereka yang bergejala ringan atau diketahui sudah terpapar COVID-19. Tes ini dianggap akurat karena satu salinan per mikroliter air liur bisa mendeteksi keberadaan virus corona. Semisalnya, untuk bayi yang baru lahir masih belum bisa meludah, tentu saja belum bisa menggunakan alat tes tersebut. Akan tetapi, bila balita sudah bisa mengeluarkan air liur sendiri maka bisa menjalani tes saliva.

Sampel tersebut kemudian akan diperiksa di laboratorium melihat mendeteksi asam nukleat dari virus penyebab Covid-19. Kalbe Farma, sebagai pihak pengembang, menyebutkan bahwa akurasi metode ini terbilang tinggi, dengan sensitivitas 94% dan spesifisitas 98%. Alat ini mendeteksi secara spesifik asam nukleat dari material genetik dari virus SARS CoV- 2, sehingga sangat praktis. Metode tersebut dapat mendeteksi secara spesifik asam nukleat yang merupakan material genetik dari virus SARS CoV-2. Konsorsium Riset dan Inovasi COVID-19 telah mengembangkan sejumlah alat tes COVID-19 seperti GeNose yang berbasis embusan nafas dan menggunakan kecerdasan artifisial untuk mendeteksi COVID-19. Bambang menambahkan, bahwa alat deteksi ini dapat memberikan hasil deteksi covid-19 hanya dalam waktu 1,5 jam.

Direktur Kalgen Innolab, Henry Sukardi mengatakan layanan pemeriksaan baru RT LAMP Saliva ini bisa memang bisa membantu pasien yang masuk kategori tracing untuk segera mendapatkan hasil konfirmasi negatif atau positif terinfeksi Covid-19. Selain itu para ilmuwan di Memorial Sloan Kettering Cancer Center belum lama merilis penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of Molecular Diagnostics yang mengamati akurasi sampel air liur yang dikumpulkan sendiri. Hasilnya, kadar virus pada saliva cenderung lebih tinggi ketimbang swab nasofaring. Kini Anda bisa melakukan tes COVID-19 tanpa rasa sakit dengan menggunakan air liur atau saliva. Metode RT LAMP ini diklaim bisa mendeteksi secara spesifik asam nukleat yang merupakan materials genetik dari virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19.

Comments are Disabled