Keren! Mahasiswa Politani Samarinda Ciptakan Alat Deteksi Covid

Namun, apa pun hasil tes GeNose C19, semua orang harus tetap menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan COVID-19. GeNose C19 adalah alat yang dibuat khusus oleh para ahli dari Universitas Gajah Mada untuk mendeteksi infeksi virus Corona melalui embusan napas. Di Indonesia, GeNose telah mengantongi izin edar dan izin pakai dari Kemenkes RI. Kuwat juga menegaskan setelah mendapatkan izin edar GeNose C19 akan segera diproduksi massal. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menegaskan jika moda kereta api wajib memasang alat deteksi Virus Corona Covid-19 GeNose mulai 5 Februari 2021.

Indonesia mengeluarkan alat deteksi covid

“Perusahaan bertanggung jawab dalam proses penarikan dan redistribusinya,” katanya. Meski hasilnya keluar secara instan, tes ini masih berbasis serologi, yakni pengidentifikasian virus berdasarkan antibodi yang terbentuk dalam tubuh setelah terinfeksi virus. Pada orang yang terinfeksi virus kurang dari seminggu, respons imun tubuh belum terbentuk.

Mahasiswa Politeknik Pertanian Negeri Samarinda meraih juara empat dalam ajang DIlo Hackathon Festival 2020, setelah membuat alat deteksi penyakit Covid-19 dengan Citra X Ray berbasis Android. Penggunaan saliva untuk mendeteksi virus Corona ternyata bukan hal yang baru karena beberapa negara sudah melakukan penelitian mengenai tes ini. Tes saliva ini bisa Anda lakukan atau kumpulkan sendiri, tidak seperti swab hidung yang mengharuskan nakes atau tenaga kesehatan melakukannya untuk Anda saat mengambil sampel dari hidung. 7 Januari 2020, para ilmuwan Cina mengumumkan telah mengidentifikasi virus corona jenis baru yang menjadi penyebab serangkaian infeksi pernapasan di Wuhan. Sama seperti flu biasa dan SARS, virus tersebut juga termasuk dalam keluarga coronavirus. Gejalanya meliputi demam, batuk, kesulitan bernapas, dan radang paru-paru.

Demi menjaga kelancaran jadwal inspeksi, jika terjadi keterlambatan lebih dari 20 menit dari pihak customer atau pemilik mobil, maka kami berhak membatalkan atau menjadwalkan ulang inspeksi. Selain jaminan yang diberikan melalui Garansi, kami tidak memberikan jaminan lain dalam bentuk apapun atas hasil inspeksi kami. Laporan hasil inspeksi adalah berdasarkan hasil pengecekan pada waktu yang telah ditentukan, kami tidak bertanggung jawab atas segala perubahan kondisi yang terjadi pada kendaraan setelah inspeksi dilakukan.

“Tim Politani sangat berharap dukungan semua pihak untuk pengembangan aplikasi, khususnya dalam hal penyediaan Hardware . Karena untuk meningkatkan akurasi dari aplikasi ini diperlukan adanya fasilitas Hardware yang memadai,” pungkas Wahyuni Eka Sari. DIlo merupakan acara tahunan yang mengumpulkan para developer Indonesia untuk menghasilkan produk dan inovasi digital terbaik. Tahun ini, DHF mengusung tema “Impacting for Indonesia”, dengan 6 kategori yang dilombakan, yakni kesehatan, pertanian/perikanan, pendidikan, good city, adaptasi kehidupan baru life-style, dan SMB/UMKM. Salah satu upaya yang dilakukan adalah mencari atau menemukan metode efektif pendeteksi virus Corona.

Kita sedang coba hadirkan dalam ninety hari kedepan untuk penerapan genose di desa-desa wisata. Terlebih dengan peniadaan mudik alat genose ini menjadi penting untuk dihadirkan di desa-desa KONG4D wisata. Ketiga ini membangkitkan confidence bagi para wisatawan dan pelaku parekraf, karena dengan masifnya testing COVID-19 ini memberikan kepastian rasa aman dan nyaman wisatawan,” katanya.

Comments are Disabled