Mengenal Genose, Pendeteksi Covid

Kemudian kantung udara tersebut dihubungan ke alat GeNose yang sudah didukung kecerdasan buatan . Satuan Tugas Penanganan COVID-19 telah mengizinkan GeNose sebagai syarat perjalanan kereta api dan luar Judi Online kawasan satu algomerasi. Hal ini sebagaimana tertuang dalam SE No 5 Tahun 2021 yang mengatur protokol perjalanan dari dan ke Pulau Jawa serta di dalam Pulau Jawa (antarprovinsi/kabupaten/kota).

WHO mengatakan bahwa segala bentuk vitamin dan suplemen tidak dapat mencegah Covid-19 dan tidak dapat dijadikan acuan perawatan dalam menangani Covid-19. Alat ini mampu mendeteksi covid-19 hanya dengan menggunakan sampel udara yang ditiupkan di sebuah kantung. Kemudian kantung yang terisi udara tersebut disambungkan dengan mesin GeNose untuk mendeteksi keberadaan virus covid19. Saat ini penggunaan GeNose sebagai syarat perjalanan sudah dilakukan untuk angkutan kereta api jarak jauh, serta untuk angkutan bus dan penyeberangan yang dilakukan secara acak (random/tidak wajib). GeNose C19 ini merupakan alat deteksi COVID-19 lewat embusan nafas buatan Universitas Gadjah Mada.

Konsentrasi yang rendah membuat amplifikasi enzim perlu dilakukan berulang kali agar materi genetis terdeteksi sehingga angka Ct pun tinggi. Angka Ct yang tinggi secara umum diasosiasikan pula dengan risiko penularan penyakit yang rendah. Angka Ct menunjukkan frekuensi amplifikasi enzim yang diperlukan untuk mendeteksi muatan genetis virus pada sampel. Angka Ct yang rendah menunjukkan tingginya konsentrasi materi genetis virus pada sampel. Angka Ct yang rendah ini secara umum diasosiasikan dengan tingginya risiko menularkan penyakit.

Untuk mendapatkan hasil maksimal, GeNose tidak bisa diperlakukan sembarangan. Menurut konferensi daring di UGM Science Techno Park pada 4 Maret lalu, Dian mengatakan bahwa alatscreeningCOVID-19 buatan Indonesia ini harus ditempatkan secara tepat. Hal tersebut dipaparkan oleh Ketua Tim Pengembang GeNose, Kuwat Triyono, pada September 2020 lalu. Data yang diperoleh sensor kemudian diolah oleh AI dan ditampilkan ke layar dalam bentuk kurva dan dua angka desimal.

Angka a hundred and twenty tes per alat itu dari estimasi bahwa setiap tes membutuhkan three menit termasuk pengambilan nafas sehingga satu jam dapat mentes 20 orang dan bila efektif alat bekerja selama 6 jam,” katanya. Jangan ragu untuk bertanya pada dokter melalui fitur Live Chat di aplikasi KlikDokter. Selanjutnya, apakah alat ini dapat menggantikan tes PCR atau swab untuk mengecek infeksi COVID-19? Sebuah aplikasi cloud karya anak bangsa asli Indonesia tentunya akan menarik dan membanggakan. Heryawan menambahkan, meki grati.namun jumlah kantung nafas yang digunakan tes genose saat ini masih terbatas. Persentase akurasi persen alat ini diperoleh dari uji diagnostic dari 2.000 subjek lebih di delapan rumah sakit rujukan Covid-19.

Kelemahan genose sebagai deteksi covid

Tes serologi merupakan jenis tes COVID-19 berbasis darah untuk mengidentifikasi paparan patogen di dalam tubuh manusia. Jika rapid take a look at antibodI hanya membutuhkan waktu 15 menit untuk mendapatkan hasil, tes serologi bisa memakan watu 1-2 jam. Awal kemunculan COVID-19 di Indonesia, pemerintah langsung bergegas menggalakkan tes COVID-19 dengan rapid tes antibodi. Sebagai informasi, jenis tes COVID-19 ini menggunakan teknik pengahmbilan darah untuk mendeteksi virus. Namun di tengah perjalanannya, penelitian mengungkapkan bahwa rapid take a look at antibodi dinilai sebagai tes COVID-19 yang kurang akurat.

Comments are Disabled