Murah Dan Efektif, Layanan Genose C19 Diminati Penumpang Pesawat

Menteri Menteri Riset dan Teknologi Bambang Brodjonegoro mengatakan, bahwa GeNose sudah mengantongi izin edar pada 24 Desember 2020. Pantauan Wartakotalive.com (Tribunnews.com Network) para penumpang yang akan menggunakan tes GeNose pun cukup banyak diminati. Pertama, mereka diwajibkan untuk puasa selama 30 menit atau 1 jam sebelum melakukan tes GeNose. Dengan tingginya minat para penumpang, KAI menambah alat GeNose di enam stasiun mulai Senin (15/2). Enam stasiun tersebut yaitu Stasiun Gambir, Solo Balapan, Bandung, Surabaya Pasar Turi, Cirebon, dan Semarang Tawang.

Perlu diketahui bahwa semua hasil tes Covid-19 memiliki masa berlaku yang diakui. Masa berlaku ini bisa berubah sesuai kebijakan terbaru pemerintah pusat maupun daerah, jadi hal ini perlu kamu perhatikan banget. Dibandingkan dengan alat pengukur lainnya, seperti PCR, lanjut Ganjar, waktu pendeteksian GoNose terhadap virus Covid jauh ini lebih cepat. Dalam selang waktu tiga menit, orang yang diperiksa dapat diketahui apakah positif atau negatif.

Situs berita terikat oleh undang-undang dan kode etik dalam menjalankan tugas jurnalistik sehari-hari. Situs berita on-line Klikwarta.com aktif on-line sejak Januari 2017, media ini didirikan untuk menjawab kebutuhan informasi melalui dunia cyber. Melalui berbagai rubrik/konten yang ditampilkan, Klikwarta.com terus melakukan pembenahan untuk memenuhi kebutuhan pembaca sesuai kekiniannya. Alternatif lainnya adalah dengan rental mobil pribadi yang bisa dibawa ke luar kota.

Bila saat pemeriksaan dinyatakan Covid-19, penumpang pun tidak diperbolehkan untuk melakukan perjalanan kereta api. Tiket perjalanan nantinya bisa dibatalkan dan bea dikembalikan 100 persen. Adapun berlaku hasil pemeriksaan GeNose C19 adalah maksimal 1×24 jam sebelum jadwal keberangkatan KA sesuai dengan SE Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 13 Tahun 2021. Selain itu, untuk kecepatan hasil tes dari GeNose juga tak kalah dengan alat tes Covid-19 lain. Menurut Kepala Produksi Konsorsium GeNose C19, Eko Fajar Prasetyo, sistem GeNose dapat mendeteksi virus dalam waktu singkat yaitu 50 detik.

Cara kerja GeNose C19 dinilai lebih praktis dibandingkan alat uji lainnya, sehingga banyak dipergunakan di lokasi keberangkatan baik di Bandara dan KAI. Dari segi harga alat pun, cukup terjangkau yakni Rp50 juta-Rp60 juta atau lebih murah dibandingkan alat uji PCR. Durasi tiga menit termasuk pengambilan napas itu disampaikan Kuwat setelah GeNose mendapatkan izin edar dari Kementerian Kesehatan RI. Selama ini, biaya rapid check antigen-swab di Pulau Jawa dipatok Rp250 ribu untuk batas termahal. Sementara untuk wilayah pulau Jawa ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan RI sebesar Rp275 ribu untuk batas paling mahal. Suara.com – Alat pendeteksi Covid-19 karya Universitas Gadjah Mada yang dinamakan GeNose dapat menjadi alternatif tes murah untuk masyarakat.

Genose murah

Rata-rata alasan calon penumpang memilih speedy tes dengan GeNose, karena tidak sakit, harganya terjangkau dan hasilnya akurat. Selama perjalanan, pengguna kereta api juga diwajibkan menggunakan faceshield hingga di stasiun tujuan, dan dihimbau untuk memakai baju lengan panjang. Upaya pencegahan Covid 19 juga dilaksanakan sepanjang rangkaian kereta api. Saat ini, GeNose sudah mengantongi izin edar dari Kementerian Kesehatan, sehingga alat ini sudah mulai bisa mendapatkan pengakuan regulator. Alat ini nantinya akan digunakan sebagai metode untuk skrining cepat, dan bukan untuk alat prognosis. GeNose adalah alat deteksi Covid-19 yang bekerja dengan mendeteksi risky natural compound .

Maka, dengan sixteen sensor, paparan nafas selama 1-2 menit saja bisa memberikan tumpukan bermiliar data elektronik. Untuk analisis polanya, serahkan saja pada piranti artificial intelegent yang terpasang pada Ge-Nose. Untuk mendukung kinerja unit AI-nya, bahkan Ge-Nose juga terhubung dengan server cloud yang mendukung dengan aplikasi khusus. Interkoneksi itulah yang membuat hasil tes bisa disajikan secara cepat. Beathonis Ltd, firma yang didirikan oleh tiga alumni National University of Singapore , dengan dukungan fasilitas riset dari almamaternya itu, menyatakan bahwa uji klinis telah dilakukan atas 180 orang.

Joni menambahkan, KAI sudah siap untuk menyelenggarakan layanan pemeriksaan GeNose C19 di stasiun, dalam rangka mendukung kebijakan pemerintah menghadirkan layanan transportasi kereta api yang bebas COVID-19. Khusus untuk keberangkatan pada hari libur keagamaan dan libur panjang diwajibkan menunjukkan surat keterangan negatif screening Covid-19 yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 1×24 jam sebelum keberangkatan. Pengguna KA Jarak Jauh diharuskan menunjukkan surat keterangan negatif GeNose C19 atau Rapid Test Antigen atau RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 3×24 jam sebelum keberangkatan. Untuk dapat melakukan pemeriksaan GeNose C19 di stasiun, calon penumpang harus memiliki tiket atau kode booking KONG4D KA Jarak Jauh yang sudah lunas, serta tidak boleh merokok, makan, minum selama 30 menit sebelum melaksanakan tes. Sementara itu tarif pemeriksaan GeNose C19 di seluruh stasiun kereta api mengalami kenaikan terhitung mulai Sabtu (20/3), dari Rp 20 ribu menjadi Rp 30 ribu. KAI juga menambah 9 stasiun yang menyediakan layanan pemeriksaan GeNose C19.

“Saya disuruh masukan Nomor Induk Kependudukan atau pasport, lalu masukan nama, jadwal penerbangan. Petugas pemeriksa akan memberikan konsultasi, informasi, dan edukasi terkait hasil pemeriksaan dan menyarankan pelanggan tersebut untuk melakukan isolasi mandiri. Hasil pemeriksaan GeNose C19 ini akan keluar dalam waktu sekitar tiga menit. Joni mengatakan, nantinya calon penumpang diharuskan mengantre dan mendaftar dengan tertib untuk selanjutnya diberikan kantong GeNose C19 setelah melakukan proses pembayaran. Menhub juga menjelaskan, berdasarkan keterangan tim penemu dari UGM, alat GeNose tidak tiba-tiba diterapkan, tetapi sudah melalui proses riset yang cukup lama sebelum bisa digunakan untuk publik. “Alatnya sangat sensitif, tidak boleh udara kotor, jadi waktu melakukan take a look at udaranya harus bersih.

Comments are Disabled