Para Lansia Mulai Mendapatkan Vaksinasi Covid

Kemudian mekanisme kedua adalah Kemenkes bekerja sama dengan instansi, organisasi keagamaan, dan organisasi masyarakat. Pekan depan sebagian wilayah sudah bisa mulai vaksinasi ini,” terang dr. Siti Nadia. Dengan tautan yang baru ini, tautan yang beredar sebelumnya tidak lagi dapat dipergunakan. Bagi peserta atau sasaran vaksinasi warga lanjut usia yang sempat mengisi tautan tersebut tidak perlu khawatir karena knowledge dijamin aman dan tersimpan di dinas kesehatan provinsi di mana peserta tinggal. Mantan Kepala Dinas Kesehatan Kepulauan Riau itu berharap pemerintah kabupaten dan kota lain di Kepulauan Riau mempercepat pelaksanaan vaksinasi COVID-19, antara lain dengan menambah fasilitas pelayanan vaksinasi bagi warga lansia. Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan, dr. Lulis Delawati, menyampaikan bahwa di Kota Sukabumi sasaran vaksinasi lansia mencapai 33.000 orang.

Vaksinasi bagi Lansia

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mendapat vaksin Sinovac buatan Cina saat memulai kampanye vaksinasi massal di Ankara pertengahan Januari silam. Saat ini kuota vaksinasi di Turki mencapai sekitar 11 dari 100 warga di negara dengan populasi eighty two juta orang itu. Bahrain menjadi negara di kawasan Teluk berikutnya yang mencatatkan kuota tinggi vaksinasi corona dengan 17,8 per a hundred orang. Registrasi vaksinasi di negara kecil berpenduduk sekitar 1,6 juta orang itu dilakukan menggunakan aplikasi mobile. Vaksinasi menggunakan dua jenis vaksin dalam program ini, yakni vaksin buatan Sinopharm dan buatan BioNTech-Pfizer. Negara kecil di Amerika Selatan, Chile juga melakukan vaksinasi massal dengan cepat.

Peserta juga dapat meminta bantuan anggota keluarga atau pengurus RT/RW setempat bila merasa kesulitan. “Pendaftaran juga bisa dilakukan melalui sehatnegeriku.kemkes.go.id serta di situs resmi Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional , covid-19.go.id,” terangnya. “Vaksinasi COVID-19 bagi lansia ini diperuntukkan bagi mereka yang berusia 60 tahun ke atas,” ujarnya, Selasa (23/2).

UAE menggunakan vaksin Sinovac buatan Cina untuk program vaksinasi massal gratis. Saat ini Dubai mulai “roll out” vaksinasi dengan vaksin buatan BioNTech-Pfizer. Israel berada di peringkat paling atas sebagai negara dengan kuota vaksinasi corona per kapita tertinggi sedunia. 96% dari seluruh populasi yang jumlahnya 8,6 juta orang minimal sudah mendapat dosis pertama vaksin (posisi 08/03/21).

Tidak hanya komentar miring, para sukarelawan MDMC Sragen juga sempat mendapat intimidasi dari warga yang tidak berkenan jenazah Covid-19 dikubur di makam tak jauh dari kampung mereka. Sejumlah petugas Damkar Sragen memiliki kemampuan unik di luar tugasnya memadamkan kebakaran. Vaksin Indonesia Hanya Cukup untuk 20 Hari Laju penyuntikan vaksin di Indonesia sempat mencapai 500 ribu per hari. Warga India Dilarang Masuk Indonesia Mulai 25 April “Yang jadi catatan, perkembangan kasus di India sudah 15 juta. Kasus baru di atas 300 ribu per hari. Lonjakan kasus ini mengkhawatirkan dan pressure Covid-19 baru.”

Vaksinasi beroperasi setiap hari dengan jam pelayanan dari pukul 09.00 WIB hingga 16.00 WIB. Dihubungi terpisah, Dokter Spesialis Penyakit Dalam dari Rumah Sakit UNAIR, Muhammad Miftahussururmengungkapkan istirahat bagi lansia penting untuk mencegah timbulnya infeksi akut mendadak seperti demam, flu, atau kelelahan. Sebabnya, jika mengalami gejala sakit, maka vaksinasi tidak bisa dilakukan.

Vaksinasi dilaksanakan organisasi/institusi yang bekerja sama dengan Kemenkes RI dan Dinas Kesehatan seperti kementerian/lembaga dan organisasi keagamaan/kemasyarakatan. Ditemui di lokasi vaksin, Sularto , warga Kelurahan Wonokarto Kecamatan Wonogiri, merasa senang karena dirinya lolos skrining dan diperkenankan mendapatkan suntikan Sinovac hari ini. Artinya apabila tubuh lansia terpapar virus, respon tubuh dalam membentuk antibodi terjadi lebih lama daripada usia produktif. Melalui riset yang telah dilakukan, maka Kemenkes menerbitkan peraturan khusus bagi lansia, yakni suntikanbooster dilakukan setelah 28 hari suntikan pertama,” ujarnya.

Sebagai salah satu kelompok lansia yang sudah disuntik, Wakil Presiden Maruf Amin mengajak lansia tak takut disuntik karena vaksinasi sudah terbukti aman. Kementerian Kesehatan mengklaim menyiapkan beragam strategi guna mengatasi masalah-masalah tersebut. Salah satunya melibatkan komunitas dan organisasi seperti Ikatan Dokter Indonesia untuk mengedukasi pentingnya vaksinasi bagi lansia.