Pelaku Perjalanan Di Gilimanuk Keluhkan Kuota Dan Tunggu Hasil Tes Genose Hingga 3 Jam

Sebab mereka tak perlu lagi merogoh kantong lebih banyak lagi untuk melakukan tes speedy antigen yang lebih mahal dan tak nyaman. Jika tidak sempat melaksanakan ketentuan tersebut maka penumpang disarankan untuk melakukan pemeriksaan Rapid take a look at Antigen. Adapun untuk biaya test GeNose C-19 di Bandara Sam Ratulangi sebesar Rp40.000 saja.

Karena layanan tes Covid-19 dengan harga terjangkau berpotensi meningkatkan trafik penumpang pesawat udara. Biaya tes GeNose C-19 jauh lebih murah dibandingkan tes antigen maupun Tes PCR yang saat ini sudah KONG4D berjalan. Hal tersebut berpengaruh terhadap minat pergerakan penumpang mengingat biaya RT-PCR untuk persyaratan angkutan udara dan laut yang kurang terjangkau dan masa berlaku hasil tes yang pendek.

Cukup hembuskan napas, sudah selesai pemeriksaannya,” kata Putri, Kamis (8/4). Hasil pemeriksaan yang menunjukkan negatif berlaku three x 24 jam sejak dikeluarkannya print-out. Sedangkan jika hasilnya positif, calon penumpang tidak diperbolehkan naik Kereta Api. “GeNose sudah mendapat izin edar dari Kemenkes dan sudah disetujui oleh Satgas Covid-19 dengan dikeluarkannya surat edaran. Sehingga, kami yakin alat ini sudah teruji untuk digunakan sebagai alat penyaringan covid-19 di simpul-simpul transportasi seperti di stasiun,” kata Budi.

Genose murah

GeNose juga sudah mendapatkan izin edar dari Kementerian Kesehatan. “GeNose memang wajib dan kami sediakan, namun untuk tes antigen juga tetap ada, tidak dihilangkan. Lokasi tes dibentuk kotak bersekat dan berbilik, tujuannya untuk menghindari kontak langsung antara calon penumpang dan petugas operasional GeNose. Rencananya alat ini digunakan bagi pelaku perjalanan antarkecamatan di Mahulu dan keluar-masuk kabupaten dengan julukan Urip Kerimaan tersebut. Sedangkan penggunaan GeNose sebagai alat pendeteksi untuk beberapa kriteria yang nantinya ditentukan.

“Semoga di tanggal 5 Februari nanti penerapannya juga bisa berjalan baik dan lancar. Kelebihan pemeriksaan GeNose C19 ini selain murah, tidak sakit untuk digunakan, dan ini juga buatan Indonesia,” ujar Menhub Budi Karya Sumadi. VIVA– Uji coba pemeriksaan GeNose C19 dilakukan di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Rabu, three Februari 2021. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa pelaksanaan uji coba berjalan baik hari ini. Cukup meniupkan udara di tempat yang telah ditentukan, 15—20 menit hasil tersebut sudah dapat dipastikan.

Meski belum mengetahui tentang GeNose sebelumnya, ia tertarik untuk mencoba GeNose setelah mendapat informasi oleh petugas KAI. Ia menyebut bahwa biaya yang terjangkau menjadi salah satu pertimbangan untuk memilih menggunakan GeNose. “Saya biasanya menggunakan speedy, dan itu harganya lumayan untuk kalangan mahasiswa seperti saya, sedangkan GeNose dengan biaya 20 ribu terbilang sangat terjangkau,” katanya. Dalam tabung tempat pasien meniupkan nafasnya itu terdapat saringan udara HEPA, yang membuat virus tidak bisa lewat.

Kecelakaan di Wonogiri yang melibatkan truk dan mobil sedan mengakibatkan seorang warga Kecamatan Nguter, Sukoharjo, meninggal dunia. Dinas Kesehatan Sragen mencatat tambahan sebanyak 164 kasus baru positif Covid-19 selama dua hari terakhir dan tujuh orang meninggal. Cegah warga bekerja di luar Wonogiri dengan memberdayakan masyarakat melalui pengembangan usaha. Penyidik Unit Reskrim Polsek Sukodono, Sragen, bergerak cepat untuk mengungkap kasus pencurian uang MTA Kecamatan Sukodono, Sragen, senilai Rp70 juta. “Tadi diinformasikan katanya harus puasa dulu, enggak boleh makan atau minum selama 30 menit atau paling lama 1 jam,” tuturnya.

Meski begitu, masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk memastikan tingkat akurasi dan efektivitas GeNose dalam mendeteksi virus Corona secara spesifik. GeNose membutuhkan waktu sekitar 2−3 menit untuk mendeteksi ada tidaknya VOC yang bisa menandakan COVID-19. Satu unit alat GeNose diperkirakan mampu melakukan sekitar a hundred and twenty kali pemeriksaan per harinya.

“Estimasi plastik sama satu lagi hepa filter untuk menyaring virus tadi biar tidak ke mana-mana itu kalau ditotal per pengujian mungkin sekitar Rp ribu,” kata dia. Meski begitu, penambahan layanan pemeriksaan COVID-19 dengan GeNose C19 terus dilakukan secara bertahap, kok.

Berbeda dengan menggunakan rapid Antigen, kata Aarif, pemeriksaan kesehatan memakai GeNose tidak membuat hidung sakit karena hanya perlu meniup kantong plastik. Hal itu bertujuan untuk menaikkan tingkat akurasi hasil pemeriksaan dengan metode GeNose C19, Kids. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, mengatakan harapannya agar kerja sama VISA dan ALTO mampu mendukung ekosistem pembayaran digital yang lebih aman, cepat dan murah.

Comments are Disabled