Pemerintah Kabupaten Sragen

Pada tahap kedua ini, ada 17,four juta petugas layanan publik dan 21,5 juta penduduk lanjut usia yang akan divaksin. Sebagai informasi, Kemkes memberi dua opsi bagi masyarakat lansia untuk mendaftarkan diri sebagai penerima vaksinasi tahap II, yaitu mendaftarkan diri pada web site bagi yang ingin mengikuti vaksinasi di puskesmas atau rumah sakit terdekat. Sedangkan untuk yang ingin mengikuti vaksinasi massal, maka dapat mendaftarkan diri pada organisasi kemasyarakatan atau organisasi keagamaan yang bekerjasama dengan Kemkes dan dinas kesehatan setempat. Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 sudah masuk pada tahap 2 untuk pelaksanaan vaksinasi bagi Lansia dan petugas pelayanan publik. Sebelumnya, Kepala DKK Solo, Siti Wahyuningsih, mendorong kelurahan segera melengkapi knowledge, guna percepatan capaian program vaksinasi. “Setiap kelurahan kami minta mendata warganya yang lansia agar segera menerima vaksin.

Jika yang bersangkutan petugas pelayan publik atau lansia bisa koordinasi dengan puskesmas / dinas kesehatan wilayah tempat bekerja. Lansia yang berumur 60 tahun atau usia di atasnya dapat mendaftarkan diri untuk vaksinasi. Ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi, salah satunya terhindar dari lima tanda kerapuhan.

Sistem imunitas yang rendah dan faktor komorbid yang dimiliki orang lanjut usia, membuat mereka menjadi prioritas golongan yang wajib divaksin. Sebanyak 1.007 warga Lansia telah mendapat vaksin Covid-19 di RSUD Tanjung Priok, Jakut. COVID-19 dapat menyerang segala usia, terutama warga lanjut usia , dikarenakan sistem imun mereka yang semakin menurun seiring pertambahan usia. PVC-13 diberikan mulai usia 50 tahun ke atas, sementara PPSV23 diberikan mulai usia 60 tahun ke atas. Tak hanya itu, mereka yang berencana untuk menunaikan haji pun perlu mendapatkan vaksin tersebut.

Vaksinasi bagi Lansia

Hingga saat ini, tambah Riza, di DKI Jakarta telah dilakukan vaksinasi dengan jumlah 114.056 vaksin dosis pertama dan 76.669 vaksin dosis kedua. Selain itu, Wiku menambahkan, warga lansia yang ber-KTP DKI Jakarta dapat mengakses suntikan vaksin Covid-19 secara drive via di lapangan parkir Hall C Jiexpo Kemayoran, Jakarta Pusat. Layanan vaksinasi drive via ini sudah dimulai Rabu (three/3) dan berlanjut sampai akhir tahun 2021. Menurut dia, tidak ada efek samping serius maupun kematian yang dilaporkan sehingga masyarakat tidak perlu khawatir. Budi Gunadi menambahkan, jika cakupan vaksinasi untuk kelompok lansia dapat segera memenuhi target maka akan meminimalisir tekanan terhadap rumah sakit dan juga tenaga kesehatan.

Pusat vaksinasi pertama akan beroperasi di Bali mulai 27 Februari – 5 Maret 2021 untuk gelombang pertama. Kemudian untuk gelombang kedua pada 13 – 19 Maret 2021 yang berlokasi di Bali Nusa dua Convention Center. Program ini juga gratis dan diharapkan dapat mengakselerasi kekebalan komunitas dan memulihkan sektor pariwisata di Pulau Bali. Muliaman Mansyur, dokter sekaligus Head of Medical Kalbe Nutritionals mengatakan bahwa selain screening riwayat penyakit dan kesiapan psikis, tentunya kondisi fisik juga diperlukan dalam persiapan sebelum, selama, dan sesudah vaksin.