Vaksinasi Gotong Royong Start Minggu Ketiga Mei

Peran swasta dalam vaksinasi mandiri, demikian Presiden, sangat penting untuk mewujudkan herd immunity atau imunitas kelompok. Perbedaannya terletak pada pembiayaan vaksinasi dimana vaksinasi program pemerintah sepenuhnya dibiayai oleh pemerintah, sementara vaksin gotong royong dibiayai oleh perusahaan, badan hukum, atau badan usaha. Pada Pasal 7 Ayat four disebutkan dalam pelaksanaan vaksinasi gotong royong harus berbeda dengan jenis vaksin yang digunakan untuk vaksinasi program. Pelaksanaan vaksinasi gotong royong dilakukan melalui kerja sama antara badan hukum atau badan usaha dengan fasyankes milik masyarakat atau swasta. Ekonom mengatakan, vaksinasi mandiri merupakan bukti ketidaksabaran pemerintah dan pengusaha untuk cepat memulihkan mobilitas masyarakat. Vaksinasi Gotong Royong adalah vaksinasi yang diselenggarakan oleh perusahaan swasta.

Menanggapi hal itu Ahli Kesehatan dan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Koko Andi Khomeini SpPD, pemilik akun @dokterkoko28, mengatakan bahwa langkah pemerintah selama ini sudah tepat. Dia melihat promosi perbaikan tetap jalan, vaksinasi Covid-19 juga sudah berlangsung. Menkes mengakui, pertarungan untuk mendapatkan vaksin saat ini sangat ketat. Dengan asumsi 70% penduduk yang perlu divaksin, maka ada 5,5 miliar warga bumi yang membutuhkan vaksin. Di ketiga situs resmi tersebut akan tersedia link atau tautan yang dapat diklik oleh sasaran vaksinasi masyarakat lanjut usia. Dikutip dari Tempo.co, Kadin memiliki goal Vaksin Mandiri dapat menjangkau 30 juta penerima.

Ini kan sudah berjalan, mungkin satu atau dua bulan lagi insyaallah sudah bisa berjalan vaksinasi mandiri. Para pengusaha yang bergabung dalam Kamar Dagang dan Industri Indonesia meminta izin mendapatkan akses vaksin Covid-19 mandiri. Kementerian Kesehatan tengah menyiapkan payung hukum untuk vaksinasi secara gotong royong ini. Dikutip dari salinan PMK No 10 tahun 2021 yang diterima Tribunnews, pemerintah membagi jenis program vaksinasi menjadi dua.

Vaksinasi Mandiri

“Walaupun aku lumayan dekat lah sama Pak Menteri atau lumayan dekat sama pemerintah, tapi aku kritis di sini,” kata dr Tirta. Ia mengatakan akses pengadaan vaksin ini juga jangan sampai dimonopoli oleh lingkaran yang dekat dengan kekuasaan, termasuk dengan kementerian. Menkeu Sri Mulyani mengatakan, pemerintah akan tetap fleksibel pada setiap kebijakan yang dibuat terkait pandemi Covid-19 saat rapat kerja dengan DPD RI. “Pelaksanaan Vaksinasi Gotong Royong sebagaimana dimaksud pada ayat dilakukan melalui kerja sama antara badan hukum atau badan usaha dengan Fasilitas Pelayanan Kesehatan milik masyarakat/swasta,” bunyi pasal 22 ayat three.

Persaingan dua vaksin Covid-19 karya anak bangsa, yakni vaksin Nusantara dan vaksin Merah-Putih terus menghangat dan terus berlanjut. Kontroversi soal vaksin Nusantara besutan mantan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto terus mengemuka meski diminati publik. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin akhirnya buka suara mengomentari vaksin Nusantara yang berbasis sel dendritik. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin ingatkan hal ini terkait kedatangan bahan baku vaksin jenis Sinovac dari China, Minggu (18/4/2021). Kalangan DPR bersiap membentuk pansus terkait vaksin impor menyusul polemik vaksin Nusantara gagasan mantan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto.

Menurut dia, program vaksinasi mandiri akan dilakukan setelah vaksinasi terhadap sektor prioritas yang sudah ditetapkan pemerintah, yakni tenaga kesehatan dan petugas pelayanan publik. Diperkirakan pelaksanaan program vaksinasi gotong royong bisa mulai dilaksanakan dalam rentang kuartal I tahun 2021 hingga memasuki awal kuartal II tahun 2021. H.A Sopyan pun berharap pelaksanaan vaksinasi mandiri secara gratis oleh perusahaan di Sukabumi nanti akan mempercepat program vaksinasi nasional untuk masyarakat umum, yang direncananya akan dimulai oleh pemerintah pada Mei 2021 nanti. Seperti diketahui, vaksinasi mandiri akan dikelola anak usaha PT Biofarma, yaitu PT Kimia Farma.