Alasan Ppkm Mikro Di Jakarta Diperpanjang Lagi Sampai 5 April

Perpanjangan PPKM mikro ini bertujuan untuk terus menekan laju penularan kasus COVID-19. Menurutnya, tingkat positivity price di Indonesia masih terbilang cukup tinggi. Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM diterapkan untuk membendung laju penularan Covid-19. Gus Menteri mengungkapkan, alokasi dana tersebut digunakan untuk membiayai berbagai program aktivitas PPKM berskala mikro.

Anggota Satgas Kuratif Covid-19 Pemprov Jatim tersebut menjelaskan, selama pelaksanaan PPKM mikro, hasil signifikan tampak pada penurunan jumlah pasien Covid-19 yang harus dirawat di ruang isolasi biasa maupun unit perawatan intensif . Selama PPKM tahap I dan II serta PPKM mikro I dan II, Bed Occupancy Ratio isolasi biasa di Jatim telah berhasil turun dari 79 persen menjadi 29 persen. Perpanjangan PPKM ini tidak ada yang berbeda dari penerapan PPKM sebelumnya. Seperti pembatasan kegiatan masyarakat minimal 50 persen untuk menghindari kerumunan. Disamping itu, ia mengusulkan agar pemerintah lebih baik memfokuskan pada pembentukan pola kehidupan masyarakat yang sehat. Pemerintah membatasi tempat kerja/perkantoran dengan menerapkan Work From Home sebesar 50% dan Work From Office sebesar 50% dengan protokol kesehatan lebih ketat.

Warung makan, pedagang kaki lima, lapak jajanan, dan sejenisnya yang memiliki tempat usaha di ruang terbuka diizinkan buka dengan protokol kesehatan yang ketat sampai pukul 20.00 dan maksimal waktu makan untuk setiap pengunjung 20 menit. Pasar rakyat yang menjual sembako sehari-hari, diperbolehkan untuk buka seperti biasa dengan protokol kesehatan yang ketat. Sementara pasar rakyat yang menjual selain kebutuhan pokok sehari-hari, bisa buka dengan kapasitas maksimal 50 persen sampai dengan pukul 15.00 di mana pengaturan lebih lanjut dilakukan oleh pemerintah daerah . JAKARTA, DDTCNews – Pemerintah memutuskan memperpanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat skala mikro tahap kedelapan di 30 provinsi dari 18 Mei sampai dengan 31 Mei 2021. Untuk sektor esensial dan industri yang ditetapkan sebagai objek very important nasional dan objek tertentu tetap dapat beroperasi one hundred pc dengan pengaturan jam operasional, kapasitas, dan penerapan protokol kesehatan lebih ketat. Harianjogja.com, JOGJA–Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta akan kembali memperpanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat berbasis mikro karena dinilai efektif menekan kasus konfirmasi positif COVID-19 di daerah ini.

PPKM Level 3 dan four memiliki sejumlah aturan yang berbeda, termasuk lama waktu makan di pedagang kaki lima dan warteg. Dia menilai hal tersebut didorong oleh belanja kebutuhan primer dan sekunder yang masih relatif baik, terutama melalui e-commerce. Menurutnya, pembatasan seperti yang kini dilakukan tidak terlalu berpengaruh pada kegiatan ekonomi via daring .

Mengapa PPKM di perpanjang lagi

Sebelumnya diberitakan, pemerintah memberlakukan masa PPKM Darurat dari tanggal 3-20 Juli 2021. Diperlukan akselerasi vaksinasi, efektifitas PPKM Darurat, dan kesiapan sistem kesehatan,” sebut paparan tersebut. Penambahan anggaran dua sektor tersebut berasal dari refocusing dan realokasi sektor lainnya, seperti bantuan UMKM dan Korporasi, serta program prioritas. GridStar.ID – Baru-baru ini pernyataan Sri Mulyani soal PPKM Darurat diperpanjang hingga 6 minggu ke depan menuai sorotan. Menurut dia, sejumlah provinsi sudah melakukan perbaikan dan peningkatan layanan untuk mengoptimalkan PPKM.

Artinya, lanjut dia, puncaknya sudah mulai melandai bahkan menurun dari hasil uji swab. Kesembuhan itu menjadi antibodi karena mereka yang terkonfirmasi sudah terbentuk antibodinya. “Data dari Dinas Kesehatan Kota Pontianak penurunan kasus sebesar 25 persen dibandingkan beberapa pekan lalu,” kata Edi. PONTIANAK – Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level IV di Kota Pontianak kembali diperpanjang mulai tanggal 26 Juli hingga 2 Agustus 2021. Hal tersebut berdasarkan pengarahan Presiden Joko Widodo yang dituangkan dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri nomor 26 tahun 2021. “Bagi yang isolasi mandiri, silakan berkoordinasi ke puskesmas untuk mendapatkan layanan obat-obatan serta kontrol dari petugas puskesmas,” imbuhnya.

Ketentuan dalam surat edaran itu, antara lain, tempat ibadah di Jawa-Bali dengan kriteria PPKM stage 3 dan 4 tidak mengadakan kegiatan peribadatan. ’’Kami perhatikan, kematian banyak terjadi pada orang yang punya komorbid dan belum vaksin,’’ ungkapnya. Luhut berjanji, vaksinasi akan dimasifkan untuk mengurangi angka kesakitan dan kematian akibat Covid-19. Semua pihak harus tetap waspada karena virus varian Delta mudah menular dan berpotensi ada lonjakan kasus jika protokol kesehatan kendur. Pria yang menjabat pula sebagai Wakasatgas Covid-19 nasional ini menerangkan, indikator utama ialah angka positif.

IDXChannel – Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri, Syafrizal, mengatakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat mikro kembali diperpanjang selama dua minggu. ’’Untuk industri ekspor dan penunjang, dapat beroperasi dengan aturan sif berkapasitas 50 persen,’’ ungkapnya. Sementara itu, seluruh karyawan di fasilitas produksi dan pabrik dapat bekerja di kantor. Syaratnya, harus ada protokol kesehatan dan istirahat makan siang yang waktunya tidak bersamaan. JAKARTA, suaramerdeka.com – Presiden Joko Widodo mengumumkan perpanjangan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat level Slot Online four mulai 26 Juli sampai 2 Agustus 2021. Pemerintah masih mengizinkan kegiatan konstruksi beroperasi one hundred pc dengan penerapan protokol kesehatan yang lebih ketat.

Meski demikian, jika dilihat dari penerapan PPKM Darurat yang telah berlangsung sekitar dua pekan ini, David melihat penurunan yang terjadi tidak separah jika dibandingkan dengan Pembatasan Sosial Berskala Besar tahun lalu. Selain itu, akselerasi program vaksinasi dan penguatan kapasitas pengujian, pelacakan dan perawatan diharapkan akan membantu untuk melandaikan kasus harian, serta menekan kasus aktif COVID-19. Bahkan, tidak menutup kemungkinan, pemerintah memiliki rencana untuk kembali memperpanjang PPKM Darurat untuk periode yang lebih lama lagi setelah akhir Juli 2021, jika penularan kasus COVID-19 terus memburuk.

Comments are Disabled