Diperpanjang Lagi! Ppkm Mikro Berlaku Hingga 31 Mei 2021

Sedangkan jumlah kapasitas ICU per 7 Maret sebesar 1.148 dan terpakai 755 ICU atau sebesar sixty six persen yang terpakai. Lebih lanjut Syafrizal mengatakan untuk beberapa daerah yang menunjukkan indikasi tinggi dan memberlakukan pembatasan diminta untuk melakukan perbaikan dalam penanganan Covid-19 . Syafrizal yang juga menjabat Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri mengungkapkan bahwa satu pekan pembatasan dilakukan memang belum menunjukkan penurunan angka kasus Covid-19. BACASAJA.ID – Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat di Jawa-Bali yang dimulai eleven Januari hingga 25 Januari 2021 bakal diperpanjang. Alasan pemerintah, belum ada penurunan kasus Covid-19 secara signifikan hingga pekan kedua pelaksanaan PPKM. Alhasil, penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat berskala mikro di Kota Banjarmasin masih diperpanjang hingga 31 Mei mendatang.

“Kalau trust muncul, akan lebih mudah masyarakat diajak kerja sama dan solidaritas dari atas dan bawah akan bisa berdaya guna. Gesturnya mesti menunjukkan bahwa pemerintah tulus,” tutur Robet. “Caranya buang semua motif komersialisasi, buang semua pikiran untuk mendahulukan kepentingan bisnis. Buang semua gestur yang mengindikasikan bahwa pemerintah lebih memedulikan ekonomi dibanding keselamatan orang,” kata Robet. Menurutnya, pada awal pandemi dengan lonjakan kasus gelombang kedua terjadi, pemerintah cenderung lebih sering menunjukkan wajah koersif dengan menghardik dan menghukumi masyarakatt yang melanggar aturan PPKM Darurat. Jokowi mengatakan selama ini pemerintah selalu memantau dan memahami dinamika di lapangan, serta mendengar suara masyarakat yang terdampak akibat kebijakan PPKM Darurat. Perugas Kepolisian dan TNI menjaga penyekatan jalan di pusat Kota Tasikmalaya saat PPKM Darurat diperpanjang sampai tanggal 25 Juli 2021.

PPKM level 4 mulai berlaku dari tanggal 21 Juli 2021 sampai 25 Juli 2021 dengan evaluasi lebih lanjut. Dengan adanya kebijakan ini, diharapkan provinsi yang telah melaksanakan PPKM mikro sebelumnya maupun yang baru pertama kali melaksanakan, yakni Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, dan Sulawesi Barat, dapat lebih optimum dalam mengendalikan kasus COVID-19. Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru, H. Muhammad Jamil M.Ag M.Si usai rapat evaluasi program vaksinasi, di ruang rapat MPP menyebutkan bahwa untuk PPKM tingkat Kota Pekanbaru tidak diperpanjang. Meskipun terjadi penurunan jumlah kasus aktif, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengimbau warga menahan diri untuk tidak keluar rumah, terlebih bila tak ada kepentingan yang mendesak, seperti halnya saat terjadi penambahan kasus pascalibur hari besar keagamaan. Sementara itu per 21 Maret DKI memiliki kapasitas 7.863 tempat tidur isolasi dan terisi four.258 atau fifty four persen serta untuk ICU sebesar 1.142 dan terisi 674 atau fifty nine persen. Berdasarkan knowledge Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, jumlah kapasitas tempat tidur isolasi per 7 Maret sebesar 8.256 tempat tidur dan terpakai four.922 tempat tidur atau 60 persen dari jumlah yang ada.

Mengapa PPKM di perpanjang lagi

“Tentunya semua itu dilakukan secara persuasif untuk memenuhi ketentuan karena ini dari kita untuk kita. Inilah dari tanggung jawab kita semua agar penanganan varian delta ini bisa dapat ditangani dengan baik dan ekonomi rakyat kecil bisa berjalan,” pungkas Luhut. [newline]Jika benar-benar diperpanjang maka ini bakal menjadi PPKM mikro tahap keenam. PPKM mikro tahap pertama dilaksanakan 9 sampai 22 Februari 2021, kemudian PPKM mikro tahap kedua dilaksanakan tanggal tanggal 23 Februari hingga 8 Maret 2021. Sementara PPKM mikro tahap keempat tanggal 23 Maret hingga 5 April 2021 serta PPKM Mikro tahap kelima dilaksanakan tanggal 6-19 April.

“Kita tahu di rumah sakit itu mahal, akan lebih murah kalau pencegahan dibandingkan pengobatan,” ujarnya dalam konferensi pers perpanjangan PPKM, Sabtu. Selama pemberlakuan PPKM Mikro, jumlah kasus aktif mengalami penurunan signifikan sebesar 17,27 persen dalam satu pekan. Tren kasus aktif di lima provinsi berhasil turun, begitu pula dengan bed occupancy ratio yang berhasil turun sebesar 70 persen. PPKM Mikro tahap pertama digelar sejak 9 Februari hingga 22 Februari mendatang. Dalam perpanjangan PPKM Mikro ini, kata Airlangga, dilakukan penguatan operasional pelaksanaannya di Desa dan Kelurahan.

Untuk kegiatan sosial budaya yang dapat menimbulkan kerumunan dihentikan sementara dan dilakukan pengaturan kapasitas dan jam operasional transportasi umum. Asisten Sekda DIY Bidang Perekonomian dan Pembangunan Tri Saktiyana menjelaskan perpanjangan PPKM Mikro di DIY sesuai dengan rencana pemerintah pusat berlaku pada 9-22 Maret 2021. Teknis PPKM ke tiga itu lanjut Tri bakal sama persis dengan PPKM sebelumnya.

Pemerhati kesehatan Iskandar Sitorus memprediksi, jika PPKM Darurat bakal diperpanjang hingga kasus Covid-19 mulai melandai. Hal tersebut lantaran hingga saat ini, penambahan kasus positif harian Covid-19 baik di level nasional maupun di daerah masih terus mengalami lonjakan. Namun demikian, dampak PPKM darurat terhadap perekonomian tidak lebih dalam jika Togel HK dibandingkan dengan dampak PSBB tahun 2020, karena beberapa sektor esensial yang diperbolahkan untuk beroperasi dengan protokol kesehatan. Adapun indikator penerapan PPKM Mikro tingkat RT dibagi dalam empat zona wilayah, yaitu zona hijau, kuning, dan oranye, dan merah. Zonasi oranye merupakan penularan komunitas sedang, dan zona merah untuk penularan lebih tinggi.

Kendaraan umum, angkutan massal, taksi , ojek , serta kendaraan sewa/rental dapat beroperasi, dilakukan pengaturan kapasitas dan jam operasional oleh pemda, dengan penerapan protokol kesehatan lebih ketat. Kegiatan sektor esensial dapat beroperasi one hundred persen dengan pengaturan jam operasional, pengaturan kapasitas, dan protokol kesehatan lebih ketat. Warung makan, pedagang kaki lima, lapak jajanan dan sejenisnya yang memiliki tempat usaha di ruang terbuka diijinkan buka dengan protokol kesehatan ketat sampai dengan pukul 20.00 dan maksimum waktu makan untuk setiap pengunjung 20 menit. Jakarta, CeritaKepri.Online – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebutkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat darurat atau PPKM Darurat akan diperpanjang hingga 6 minggu.

Comments are Disabled